Posted by : Tapak Tilas Kebudayaan Selasa, 05 Februari 2013


Semua sisi kehidupan tak bisa luput dari kaca mata ekonomi. Mulai dari sosial, agama, kenegaraan, organisasi, peradaban dan budaya. Lensa ekonomi sering digunakan untuk menilai segala hal. Termasuk untuk menakar kebudayaan.

Sangat banyak budaya yang dimiliki negara kita. Mulai dari yang terjepret kamera maupun tidak. Budaya kita tersebar di berbagai pelosok. Missal saja budaya kita yang berada di Bali.

Bali adalah pulau super power dengan banyak pesona pemandangan yang menarik. Setiap tahun banyak sekali wisatawan asing maupun lokal yang bersenang ria menikmati pulau super power itu. Dari banyaknya pelancong yang berwisata di sana melonjakan jumlah pemasukan negara. Dari Bali saja, kita dapat menakar berapa rupiah yang dihasilkan dari kebudayaan. Belum budaya lain yang kita miliki di berbagai pelosok negara kita.

Fakta lain berkata bahwa Jogjakarta adalah kota yang banyak menyedot perhatian wisatawan karena keberagaman budayanya. Kota ini menjadi sentra wisata Jawa Tengah selain Surakarta. Tidak dapat dipungkiri, kemajuan Jogjakarta ditopang ekonomi masyarakat yang kuat dari hasil pariwisata.

Dua objek tersebut cukup menggambarkan secara umum bagaimana pundi-pundi rupiah yang menganak dari pariwisata. Hal ini mengakibatkan pemerintah gencar mempromosikan bermacam-macam objek wisata. Satu hal yang sangat menarik di Indonesia yang tidak dimiliki negara lain. Yaitu keberagaman budayanya yang mampu menyedot banyak wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Selain menikmati keindahan alam kita, hal terpenting yang pelancong cari adalah keunikan budaya yang kita punya.

Daya tarik yang paling kita unggulkan adalah banyaknya budaya kita. Tak heran berdatangan berbagai studi yang mengkaji budaya kita. Mulai dari orang Eropa, China, Jepang maupun tetangga sebelah. Hanya terkadang, kita sendiri yang kurang pandai mengelola kekayaan runah kita.

Dengan tata olah budaya yang baik dan benar akan membawa kita menjadi bangsa yang bangga akan budaya sendiri, di samping nilai rupiah yang menggiurkan di dalamnya. Jadi, keluhuran dan keberagaman budaya adalah identitas kita yang membuat kita bangga disebut sebagai bangsa yang berbudaya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Selamat Datang!

Popular Post

- Copyright © 2013 Tapak Tilas Kebudayaan -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -